Hubungan Waiting Time Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Keperawatan: Studi Tradisional Review

Authors

  • Cheristina Cheristina Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
  • Santi Santi Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada

Keywords:

Waiting Time, kepuasan pasien

Abstract

Waiting Time yang lama beresiko menurunkan kepuasan pasien dan mutu pelayanan. Lama waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana rumah sakit mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan waiting time dengan kepuasan pasien  pada pelayanan keperawatan. Metode penelitian studi literatur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi tradisional review.Jurnal yang dijadikan sebagai literatur dalam penelitian ini sebanyak 12 jurnal. Analisa data yang dilakukan menggunakan metode penelitian tradisional review pada penelitian ini, yaitu menggunakan analisis PICOS (Patient, Intervention, Comparison, Outcomes, Source). Hasil penelitian studi literature tradisional review dari beberapa jurnal diperoleh hasil, yaitu penelitian yang dilakukan oleh Yeni Kristiani menunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu tunggu (waiting time) dengan kepuasan pasien. Penelitian Siti Maghfirohmenunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu tunggu (waiting time) dengan kepuasan pasien.Penelitian Endang Ernawati menunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu tunggu (waiting time) dengan kepuasan pasien. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan, yaitu adahubungan waiting time dengan kepuasan pasien  pada pelayanan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernawati, Endang. (2018). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Studi Penelitian di RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangkaraya). Jurnal Nerspedia, Vol. 1 No. 1.
Fatrida, Dedi. (2019). Hubungan Waktu Tunggu dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatandi Puskesmas Kambang Kabupaten Pesisir Selatan.Jurnal Jurnal ‘Aisyiyah Medika, Vol. 4 No. 1.
Kotler.(2012).Dasar-Dasar Pemasaran. Penerbit PT. Indeks Gramedia.
Kristiani, Yeni. (2017). Hubungan Waiting Time denga Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RS Panti Waluya Sawahan Malang.Jurnal Nursing News, Vol. 2 No. 2.
Maghfiroh, Siti. (2019). Hubungan Waktu Tunggu dan Length of Stay (Los) Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Jombang.Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, Vol. 4 No. 1.
Nofriadi, Nofriadi. (2019). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan.Jurnal Kesehatan Perintis, Vol. 2 No. 1.
Siti Maghfiroh (2019). Hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien di puskesmas x Kota jambi.
Torry. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Kesehatan kaitannya dengan KepuasanPasien Rawat Jalan Klinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Iskak Tulungagung.Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. 29 No. 3.
Wulandari, Putri. (2020). Hubungan Waktu Tunggu terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas XKota Jambi.Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan, Vol. 3 No. 2

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Cheristina, C., & Santi, S. (2022). Hubungan Waiting Time Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Keperawatan: Studi Tradisional Review. Journal Fenomena Kesehatan, 5(2), 54–60. Retrieved from https://ojs.ikbkjp.ac.id/JFK/article/view/153